SEJARAH BERDIRINYA FAKULTAS BAHASA DAN BUDAYA UNTAG SEMARANG

Keberadaan Fakultas Bahasa dan Budaya Univeristas 17 Agustus (UNTAG) Semarang sebelumnya diawali dengan berdirinya Sekolah Tinggi Bahasa 17 Agustus 1945 Semarang (STIBA 17) pada tahun 1999 (SK pendirian No. 25/D/O/1999 Tanggal 22 Februari 1999) yang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Pembina Pendidikan 17 Agustus 1945 (YPP 17). Kampus STIBA 17 ini berlokasi di Jalan Pemuda No. 70 Semarang. STIBA 17 mempunyai 2 program studi yaitu program studi S1 Sastra Inggris dan program studi D3 Bahasa Jepang. Untuk menambah keterampilan mahasiswanya, disamping belajar bahasa Inggris atau bahasa Jepang, mahasiswa juga diberi keterampilan vokasional yang bersifat pilihan yaitu Pariwisata (Tourism), Pengelolaan Perkantoran (Office Management) dan Komputer (Computer). Bahasa asing pilihan juga ditawarkan di lembaga ini, antara lain bahasa Jerman, bahasa Jepang dan bahasa Mandarin.

Seiring dengan berjalannya waktu maka muncullah sebuah gagasan untuk menjadikan STIBA 17 ini menjadi sebuah lembaga yang lebih efektif dan lebih efisien. Gagasan tersebut terlaksana pada bulan Oktober tahun 2007 yaitu dengan meleburnya (merger) STIBA 17 ke dalam Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) menjadi Fakultas Bahasa dan Budaya (FBB). Sejak tahun tersebut STIBA 17 sudah tidak ada lagi. FBB UNTAG mempunyai 2 (dua) program studi yaitu program studi S1 Sastra Inggris dan program studi D3 Bahasa Jepang. Pembekalan tambahan kepada mahasiswa berupa keterampilan (vokasional) dan bahasa pilihan masih tetap diselenggarakan di FBB UNTAG ini. Pembentukan FBB UNTAG Semarang ini merupakan salah satu langkah untuk mempersiapkan diri mengantisipasi masuknya arus globalisasi. Dengan menguasai bahasa dan budaya asing (disamping bahasa dan budaya sendiri), maka kita mempunyai modal untuk dapat berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain memanfaatkan pengaruh global tersebut. Pada periode ini juga telah dilakukan perubahan kurikulum yang disesuaikan dengan kompetensi yang dipersyaratkan oleh DIKTI, yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).

Pada bulan September 2014 Akademi Bahasa 17 Agustus 1945 Semarang dilebur (merger) ke dalam Fakultas Bahasa dan Budaya UNTAG Semarang berdasarkan SK Dikti Nomor: 405/E/O/2014 tanggal 11 September 2014 sehingga FBB mempunyai 3 (tiga) Program Studi yaitu Program Studi S1 Sastra Inggris, Program Studi D3 Bahasa Inggris dan Program Studi D3 Bahasa Jepang. Mulai tanggal 5 Juli 2018 Program Studi Sastra Inggris berubah nama menjadi Program Studi Bahasa Inggris berdasarkan SK Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 549/KPT/I/2018.

Dari riwayat tersebut di atas, bisa diartikan bahwa meskipun usia FBB ini belum lama (kurang lebih 14 tahun), telah ada perkembangan yang signifikan. Akar sejarah ini merupakan landasan yang kokoh bagi pengembangan FBB UNTAG di masa depan dalam menjawab tantangan jaman dalam ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan kebutuhan untuk makin memanusiakan manusia sebagai masyarakat yang berkualitas dan berbudaya.

Profile Kampus

MAPS

Jl. Seteran Dalam No. 9 Miroto Semarang Tengah Kota Semarang, Jawa Tengah 50134

© 2022 MAGISTER KENOTARIATAN UNTAG Semarang. All Rights Reserved.

Prizes range from $1 to $1,000,000, but only two of the puzzles will contain that $1,000,000. You could also win $100, $1000, or any amount in between. Imagine being responsible for your dad winning $1,000,000. You'll be the most popular kid after that. And even if he doesn't, he'll still have fun putting it together with you and trying his luck. The Two Million Dollar Puzzle has been out for about a month, giving you two chances to win a million dollars, as well as a host of other chances to win. This game ships in a few days, so you can get it in time for a last-minute Father's Day gift (opens in a new tab) that you and your dad can do together. It's a 500-piece puzzle that assembles to form a QR code. What else would you expect in 2022? Once the puzzle is complete, you can scan the QR code with your phone's camera and follow the link that pops up. It will lead you to a website where you will enter the secret prize code on the paper insert in the box. This will unlock your prize.